Mikrotik : VPN PPTP tidak bisa ping atau konek ke device yang ada di LAN ?

 


Lagi lagi berdasarkan pengalaman  karena memang blog ini saya buat berdasarkan pengalaman dan untuk mencatat agar saya sendiri tidak lupa, tapi Alhamdulillah jika blog ini berguna bagi yang membacanya.

Ceritanya ada teman berkonsultasi yang kebetulan di kantornya terdapat suatu server data yang tentunya berisikan data-data penting kantornya, sebagai informasi server data tersebut menggunakan sistem operasi Windows Server. Beliau curhat dimasa pandemi ini kantornya memberlakukan Work From Home dengan cara melakukan remote ke server data tersebut menggunakan Remote Desktop Protocol (RDP). 

Mengingat RDP tidak begitu aman (ingat virus wannacry dan kawan kawannya) karena langsung mengakses ke pc server data, saya menyarankan menggunakan fasilitas vpn baik PPTP atau L2TP yang ada pada mikrotik (kebetulan di kantor beliau sudah ada Mikrotik) agar setidaknya tidak langsung mengakses port RDP windows.

Singkat cerita VPN sudah di setup, sudah bisa terkoneksi dari jaringan luar akan tetapi belum bisa konek atau mengakses server data (posisi server data ada di jaringan lan local), bahkan diping pun RTO. Hal ini dikarenakan VPN ketika sudah terkoneksi pada dasarnya membuat interface tersendiri yang independen terpisah dari LAN.


 

NB : Pada kasus ini ip yang digunakan pada VPN masih satu subnet dengan ip local/LAN yang sudah ada.

Berikut solusinya :

  • Pada profile vpn pada bagian bridge isi dengan bridge yang terhubung dengan LAN.

 


  • Pada properti Bridge yang terhubung dengan LAN, bagian ARP di isikan "proxy-arp"


Dengan settingan tersebut semua perangkat/device  yang ada pada jaringan local/LAN dapat di akses dengan baik melalui VPN.

Komentar

  1. Mikrotik : Vpn Pptp Tidak Bisa Ping Atau Konek Ke Device Yang Ada Di Lan ? >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Mikrotik : Vpn Pptp Tidak Bisa Ping Atau Konek Ke Device Yang Ada Di Lan ? >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Mikrotik : Vpn Pptp Tidak Bisa Ping Atau Konek Ke Device Yang Ada Di Lan ? >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK dJ

    BalasHapus

Archive

Formulir Kontak

Kirim